16 Oktober 2009

Cara Upload Foto atau Gambar

Masih dari kelanjutan tutorial blog. Kali ini saya akan memberikan cara-cara memasukan gambar atau foto dalam postingan. Sudah jelas sekali gambar atau foto sangat penting sekali. Selain untuk memperjelas isi artikel yang diposting, gambar atau foto juga bisa untuk mempercantik blog kita. Cara untuk memasukan foto atau gambar sangat gapang sekali. 

Berikut cara caranya.
Seperti biasa login ke blogspot lalu masuk ke menu posting. Halaman yang terbuka sama seperti waktu membuat postingan. Setelah itu kita tinggal klik gambar panorama  
Maka akan terbuka jendela seperti ini :




Lalu tinggal klik browse, trus cari gambar atau foto yang akan di masukan. Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai. Setelah upload selesai klik ok. Maka gambar atau foto sudah masuk dalam form postingan.
Untuk mengedit gambar sebagai berikut. Klik gambar yang akan di edit. lalu akan muncul menu toolbar seperti ini.

Sliahkan  sobat atur ukuran gambar dengan mengklik 
  • small ( ukuran gamabar kecil ) 
  • Medium ( ukuran gambar sedang ) 
  • Large ( ukuran gambar besar ) 
  • X-Large ( ukuran gambar lebih besar ) 
Atau kalau sobat pengen menentukan ukuran gambar sendiri tinggal klik 2x pada gambar yang akan di edit lalu atur ukuran sesuai keinginan. Menu selanjutnya yaitu 
  • Left ( posisi gambar di sebelah kiri )
  • Center ( posisi gambar ditengah ) 
  • Right ( posisi gambar di sebelah kanan ).
Bila sobat akan menghapus gambar, klik gambar yang dipilih lalu klik remove.


Sekarang bagaimana cara memasukan foto untuk mengisi Profile kita?, caranya sama seperti langkah-langkah di atas, cuma ada sedikit perbedaan yaitu sobat harus menghapus beberapa kode HTML. Jika foto sobat sudah selesai di upload (langkahnya sama seperti di atas). Tekanlah menu Edit HTML untuk melihat kode HTML dari Foto anda tadi, copy / paste kode HTML tersebut kedalam program notepad (agar lebih mudah) atau bisa juga ditulis di kertas. Kemudian klik publish. Untuk memasukan foto kedalam Profile kita, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Setelah upload gambar, klik menu Dasboard

  2. Klik menu Edit Profile

  3. Di dalam form - form isian profile ada tulisan Photo URL, nah disini paste kode HTML yang telah sobat copy tadi ke dalam notepad tapi jangan semuanya, yaitu yang di paste adalah kode setelah tulisan [src="] yaitu link yang di mulai dengan [http://] dan berakhir dengan [.jpg] atau [.jpeg]

  4. Klik Save Profile, maka foto sobat  sudah terpampang di blognya dan bisa dilihat oleh seluruh dunia
Semoga bermanfaat.


9 komentar:

Aryo Halim on 17 Oktober 2009 08.21 mengatakan...

kok rada beda ya tampilannya dg postingan di tempatku, intinya sih sama, setelah di upload, lalu copy htmlnya , makasih sob

dhizzoft on 17 Oktober 2009 11.12 mengatakan...

yang beda bagian mananya?mungkin karena versi bahasa yang digunakan berbeda. yang saya postingkan di sini dengan versi bahasa indonesia

Luthfi Weblog | Kerja Keras Adalah Energi Kita on 18 Oktober 2009 06.16 mengatakan...

ditunggu versi teranyarnya ya sob,

Salam hanget dari sobat bloggermu,


Luthfi Fuadi Majid
Kerja Keras Adalah Energi Kita

Seri Bahasa on 18 Oktober 2009 08.23 mengatakan...

biasanya seri guna cara biasa, baru tahu kalau ada yang lebih baik dari itu untuk upload gambar.

Berry Devanda on 18 Oktober 2009 09.57 mengatakan...

nice post...
salam kenal...

shidiq on 18 Oktober 2009 12.46 mengatakan...

Tutorial yg mantab...
acungkan jempol Like This...


Computer And Technology

luthfi fuadi on 19 Oktober 2009 06.30 mengatakan...

Mas Ditunggu Tips Selanjutnya ya...

Salam Sukses selalu,

Luthfi Fuadi Majid
Kerja Keras Adalah Energi Kita

Ganex Ni'am on 22 Oktober 2009 13.54 mengatakan...

sukses bro,....

denie on 11 Januari 2010 23.54 mengatakan...

halooooo booos gimana jobnya?


Posting Komentar

 

Gabung Yuk