07 Oktober 2009

Pilih Notebook atau Netbook


Bagi sobat semua yang bingung memilih antara laptop/notebook dengan netbook mungkin posting kali ini bisa sedikit membantu memecahkan masalah. Di sini akan saya bahas beberapa perbedaan antara notebook dengan netbook.



Notebook, atau laptop, adalah komputer portabel yang biasanya memiliki :

  • Ukuran layar : 12 Inchi atau lebih besar
  • Processor : Intel Pentium Dual-Core,Core 2 Duo atau AMD Turion X2
  • Graphics : Integrated or External Graphic Card, dari Intel GMA x3100 sampai AMD Mobility HD 3870X2
  • Berat : 1.9kg atau lebih
Netbook, varian yang lebih kecil dari notebook yang  memiliki:

  • Ukuran layar: 12 Inchi atau lebih kecil
  • Processor : VIA C7 1.2GHz, Intel Atom N270 1.6GHz atau AMD Geode 800MHz
  • Graphics : Integrated Graphic Card, kebanyakan Intel GMA 900 atau 950
  • Berat : 1.1kg atau lebih kecil 
Pertama, mari kita bandingkan ukuran layar. Dengan ukuran layar notebook normal berkisar antara 14,1-15,4 inci, Sobat dapat memiliki kenikmatan menonton film yang bagus dan tidak perlu memicingkan mata Sobat hanya untuk melihat/mengedit beberapa teks. Netbook dengan ukuran layar 12 inch atau lebih kecil, Sobat mungkin akan kesulitan dalam mengetik/mengedit teks.

Kedua, prosesor. Ini adalah bagian yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Semakin cepat prosesor, semakin cepat loading.  Dengan prosesor yang lambat, netbook Sobat mungkin tiba-tiba hang jika Sobat membuka terlalu banyak tab atau program. CPU netbook bahkan tidak dapat memutar film 1080pixel dan akan berlangsung selamanya karena prosesor tidak bisa di upgrade.

Ketiga, kartu grafik ( VGA ). Jika Sobat ingin membuka game tentu saja Sobat akan mengabaikan memilih netbook. Berdasarkan pengalaman menginstal World of Warcraft di dalam netbook, tetapi apa boleh dikata dengan VGA yang sangat kecil dan layar begitu sempit game tersebut tidak bisa berjalan. Di lain pihak, notebook memiliki kartu grafis yang lebih baik daripada netbook bahkan di bagian low-end. Maksudnya meskipun notebook dengan kualitas yang paling rendah tetap mempunyai kualitas VGA lebih bagus daripada netbook.




Ke empat, berat. Ini adalah keunggulan dari netbook. Dengan berat yang ringan (dan layar kecil), netbook  benar-benar sesuai dengan definisi portabilitas. Berat netbook hampir setengah dari berat  notebook, dan ditambah dengan berat adaptor rata-rata berat maksimal hanya 1,5 Kg. Ini sangat cocok sekali buat sobat yang punya mobilitas tinggi dan memanfaatkan komputer hanya sekedar untuk browsing di internet atau menggunakan program yang ringan.


Ke lima, harga. Pada umumnya dengan merek yang sama harga netbook lebih rendah daripada harga notebook. Ini menjadi keunggulan lagi bagi netbook karena harga yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa perbedaan antara notebook dengan netbook, semoga bisa membantu sobat semuanya yang tengah bingung memilih antara notebook dengan netbook. Semuanya kembali pada diri anda sendiri, tergantung dengan kebutuhan. Tunggu posting berikutnya ya...

0 komentar:


Posting Komentar

 

Gabung Yuk