25 September 2009

Sekilas tentang General Packet Radio Service (GPRS)

GPRS adalah protokol packet-switched protokol; menentukan untuk aplikasi web dalam jaringan GSM. Dengan kata lain Internet pada jaringan GSM standar sebagai jaringan GPRS. GPRS digital yang memiliki struktur dan struktur ini didasarkan pada Time Division Multiple Access (TDMA) teknik. Satu TDMA frame memiliki 8 time slot (TSS). TSS ini dapat dialokasikan kepada pengguna, dan single TS dapat dipakai oleh beberapa pengguna yang aktif untuk uplink dan downlink tujuan. Skema pengkodean yang berbeda digunakan untuk meningkatkan kecepatan data dari 9Kbps sampai 150 Kbps per pengguna, dan dibutuhkan 0,5-1 detik. Fitur keamanan di GPRS disediakan oleh jaringan GSM.
Arsitektur GPRS

Global System for Mobile Communication (GSM) circuit-switch arsitektur tidak mendukung GPRS paket-switch arsitektur. Jadi, GPRS memerlukan arsitektur jaringan sendiri. Beberapa jaringan dan database e.g. Mobile Station (MS), Base Station Subsystem (BSS), Home Location Register (HLR), Visitor Location Register (VLR) pada jaringan GSM yang ada diubah dalam jaringan GPRS.

Memperkenalkan arsitektur jaringan GPRS node berikut ke GSM arsitektur.

* Serving GPRS Support Node (SGSN)
* Gateway GPRS Support Node (GGSN)
* Mobile Station (MS)
* Base Station System (BSS)
* Home Location Register (HLR)
* Visitor Location Register (VLR)

1.Serving GPRS Support Node (SGSN): Dalam jaringan GPRS adalah SGSN setara dengan MSC. Paket data antara MSC dan Public Switch Data Network (PSDN) ditransfer dan diterima oleh SGSN.

2.Gateway GPRS Support Node (GGSN) GSM database misalnya HLR dan VLR didukung oleh GGSN. Ini juga berinteraksi dengan packet-switched eksternal jaringan.

3.Mobile Station (MS): MS Dalam jaringan GPRS terdiri dari Mobile Terminal (MT) dan Terminal Equipment (TE). Sebuah komputer yang melekat pada MT dipanggil untuk saya. Melalui udara, MT Berkomunikasi dengan BSS.

4.Base Station System (BSS): Dalam BSS, Base Transceiver Station (BTS) dan Base Station Controller (BSC) yang dimodifikasi untuk mendukung skema pengkodean saluran GPRS sementara BTS yang dimodifikasi untuk meneruskan panggilan ke Mobile Switching Center (MSC) dan data untuk SGSN melalui Packet Control Unit (PCU), didukung oleh BSC. Satu SGSN dilayani oleh satu BSC.

5.Home Location Register (HLR): Dalam GPRS, HLR berisi informasi tentang routing. Untuk peta MS ke satu atau lebih GGSN, SGSN dan memperbarui untuk menyimpan Internet Protocol (IP) alamat, informasi ini diakses oleh SGSN dan GGSN.

6.Visitor Location Register (VLR): Dalam GPRS. VLR berisi nomor SGSN dan jumlah ini menunjukkan MS saat ini dilayani oleh SGSN.

GPRS Interfaces

Interface yang berbeda digunakan untuk routing antara node dalam jaringan GPRS.
* Um interface memberikan komunikasi antara MS dan BSS.
* Gb interface memberikan hubungan antara BSS dan SGSN.
* Gn interface memberikan hubungan antara SGSN dan GGSN dalam satu jaringan GPRS.
* Gp interface memberikan hubungan antara SGSN dan GGSN ketika mereka berada di jaringan GPRS berbeda.
* Gi interface memberikan koneksi antara GGSN dan jaringan eksternal.
* Gs interface memberikan komunikasi antara MSC dan SGSN.

Golongan GPRS
Fungsi yang didefinisikan dalam GPRS adalah sebagai berikut.

* Akses jaringan fungsi: point to point data transfer, pendaftaran MS dengan protokol data paket, MS sumber daya radio untuk komunikasi dan informasi tentang paket pengisian transmisi, disediakan oleh fungsi ini.
* Paket routing dan fungsi transfer: Routing data antara MS dan tujuan, konversi alamat GPRS alamat eksternal dan penyampaian paket-paket antara MS dan GGSN, yang disediakan oleh fungsi ini.
* Link logis fungsi manajemen: The komunikasi antara MS dan jaringan GSM dikelola oleh itu.
* Fungsi manajemen sumber daya radio: jalur komunikasi Radio dialokasikan oleh itu.
* Mobilitas fungsi manajemen: Aktual lokasi MS disimpan olehnya. Ketika sebuah MS adalah masuk ke daerah baru, routing dan lokasi dalam semua formasi juga diperbarui oleh itu.
* Fungsi manajemen jaringan: Jika menyediakan mekanisme untuk mendukung fungsi jaringan yang terkait dengan GPRS.

Keuntungan
Keuntungan utama dari GPRS adalah bahwa, untuk mengakses data tidak koneksi dial-up diperlukan. Ini merupakan layanan data mobile murah dibandingkan dengan Short Message Service (SMS) dalam jaringan GSM.

( Dhiana Setiawan )

0 komentar:


Posting Komentar

 

Gabung Yuk