Photobucket

rss

25 September 2009

Empat cara mengoptimalkan Windows Vista


Bagia anda yang telah terbiasa menggunakan  operating sistem ( OS ) Windows XP lalu berpindah menggunakan Windows Vista mungkin akan mengalami beberapa keluhan. Diantaranya seperti yang saya alami yaitu komputer terasa sangat lambat atau bahasa gaulnya lemooot hehehe...Namun sekarang Anda ga usah berkecil hati dulu karena saya akan ngasih beberapa cara untuk mengoptimalkan sistem dan mendapatkan PC Anda berjalan pada performa puncaknya. Ini dapat dilakukan bahkan tanpa menginstal perangkat lunak tambahan upgrade komponen atau perangkat keras. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menyetel Windows Vista PC Anda.

1.) Hapus Program yang tak digunakan Jika Anda ingin Meningkatkan kinerja Vista, ini adalah aturan yang baik untuk memulai dengan perangkat lunak menguninstall aplikasi yang tidak sering digunakan. Anda harus melihat pada program yang Anda instal maupun yang diinstal sebelumnya oleh manufaktur. Hal ini terutama berlaku untuk program utilitas karena mereka memiliki kebiasaan secara otomatis berjalan di latar belakang, diam-diam memonopoli sumber daya dan menyebabkan Vista berjalan lambat. 
2.) Batasi jumlah menjalankan program secara bersamaan, karena hal ini berdampak besar pada kinerja PC anda. Jika Anda termasuk pengguna komputer yang sibuk, Anda mungkin ingin membuka lima aplikasi desktop dan lima jendela browser  sekaligus, tetapi sayangnya hal tersebut justru menambah lambat kineja komputer. Jadi sebaiknya hindari kebiasaan di atas.
3.) Tambahkan memory ( RAM ) meskipun Vista mampu berjalan pada komputer yang dilengkapi dengan 512 MB RAM, namun itu standar minimal. Windows Vista akan berjalan lebih baik dengan RAM 1 GB. Jika ingin menikmati performa yang optimal, cobalah meningkatkan minimal 2 GB atau lebih.
4.) Nonaktifkan Unused Services. Windows Vista memiliki lebih dari seratus layanan berjalan di latar belakang seperti Network Access Protection Agen dan Shell Hardware Detection. Layanan ini biasanya bekerja ketika PC anda diaktifkan dan berjalan sampai Anda menutup PC Anda. Sementara beberapa layanan standar tidak dapat dinonaktifkan, yang lain dapat. Mereka Menonaktifkan layanan yang tidak diperlukan dapat membantu Anda mempertahankan memori dan prosesor daya yang dibutuhkan Untuk memastikan kelancaran kinerja Vista.
Selamat mencoba.
( Dhiana Setiawan )

0 komentar:


Posting Komentar

 

Gabung Yuk